Selasa, 10 Mei 2016

Tips Memilih Genset Yang Bagus Untuk Rumah Tangga

Share & Comment
Kali ini saya akan memberikan tips memilih genset yang bagus untuk rumah tangga, perhatikan point2 penting sebelum Anda membeli genset yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini banyak beredar berbagai macam jenis serta merk genset di pasaran, dari merk original hingga tiruan (genset merk china). Namun apabila diperhatikan model mesin serta komponennya akan banyak persamaan, ya tentu saja karena yang lain merupakan tiruan. Yang membedakan hanyalah kualitas dan ketahanannya saja.

Baiklah sekarang akan saya bahas bagaimana memilih genset yang baik untuk rumah tangga Anda:


1. Menentukan kapasitas atau kemampuan atau daya listrik yang dibutuhkan

Pertama2 Anda harus melihat berapa daya listrik rumah Anda saat ini, 1300 watt, 2200 watt atau lebih besar daripada itu. Jika Anda menghendaki genset bisa digunakan secara maksimal, maka perlu membeli genset dengan daya minimal sama seperti daya listrik Anda di rumah. Namun untuk lebih bagus lagi untuk membeli genset dengan kemampuan melebihi daya listrik rumah Anda saat ini.

2. Tentukan jenis genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda
 Jenis genset untuk kebutuhan rumah tangga ada dibagi menjadi 2 yaitu:

 a. Stand By Genset

tips memilih genset rumah tangga

Standby genset adalah genset yang dipasang secara permanen di rumah anda, genset jenis ini biasanya berfungsi otomatis , saat listrik mati otomatis genset akan bekerja dan pada saat listrik menyala otomatis genset tidak bekerja. genset jenis ii biasanya berbahan bakar gas, jika di rumah anda sudah memiliki saluran gas sendiri, mungkin genset jenis ini cocok untuk dipasang di rumah anda. Memang jenis genset ini belum banyak tersedia di indonesia karena harganya yang cukup mahal yaitu diatas 10 juta rupiah.

Kelebihan standby genset/genset permanen:

  • Mudah dioperasikan karena sudah menggunakan peralatan yang otomatis.
  • Lebih aman, karena ditempatkan di tempat khusus secara permanen.
  • Suara tidak berisik, sehingga lebih nyaman buat anda dan lingkungan sekitar. 

Kekurangan standby genset/genset permanen :

  • Harganya mahal.
  • Tidak bisa dibawa kemana mana.
b. Genset Portable

tips membeli genset bekas

Sesuai dengan namanya, genset portable merupakan genset yang bisa dipindah atau dibawa kemana-mana sesuai dengan kebutuhan kita. Genset portabel cukup populer di indonesia karena harganya yang cukup murah dan mudah didapat.

Kelebihan genset portable:

  • Bisa ditempatkan dimana saja dan bisa dibawa jika anda ingin melakukan aktifitas di luar yang mebutuhkan listrik.
  • Genset jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar.

Kekurangan genset portable:

  • Suara agak berisik (saat ini telah hadir genset silent)
  • Pengoperasian yang agak sulit karena masih menggunakan engkol.
  • Ada juga jenis genset portabel yang memiliki suara yang tidak berisik/silent genset dan juga menggunakan starter elektrik tapi harganya cukup mahal.

Nah jika anda ingin membeli genset portabel yang bagus, pilihlah genset yang menghasilkan suara rendah atau silent genset.


3.Pilih merk atau type genset yang banyak direkomendasikan orang.

Carilah informasi di internet atau media lain mengenai merk atau type genset tertentu, carilah informasi sebanyak banyaknya, bandingkan dengan yang lain, baca review atau komplain mengenai genset tersebut. Periksa juga garansi yang diberikan dan ketersediaan distributor atau service center genset tersebut.

Sebelum anda mengoperasikan genset sebaiknya perhatikan faktor keamananya, Jangan sekali kali menyalakan genset di dalam rumah, karena hasil pembakaran genset berupa gas CO2 atau karbon monoksida beracun dan bisa membahayakan nyawa manusia. Letakkan genset di luar rumah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Lindungilah genset anda dari terkena sinar matahari langsung dan hujan.

[BACA] Tips Merawat Mesin Genset Diesel Industri

Berikut tips memilih genset yang baik perlu anda simak sebelum membeli genset baru atau bekas:


  1. Hitung kebutuhan daya listrik saat darurat di rumah anda. Jangan mengambil patokan dari daya listrik yang saati ini terpasang di rumah anda. Saat darurat gunakan listrik hanya untuk hal-hal yang penting seperti lampu utama, kulkas, atau pompa air. Sebagian orang mungkin akan memasukkan komputer, televisi, peralatan ikan hias, atau AC sebagai hal yang dimasukkan dalam kalkulasi mereka.
  2. Pilih genset dengan daya sedikit lebih tinggi dari kebutuhan daya listrik saat darurat. Di pasaran tersedia genset dengan daya bervariasi 500 watt, 1000 watt, 1200 watt, dll. Pilih yang paling tepat sesuai dengan kalkulasi kebutuhan daya listrik anda saat darurat.
  3. Kenali cara penyalaan genset. Ada 2 cara penyalaan genset yang umum dijumpai yaitu starter seperti menyalakan motor atau recoil yang perlu ditarik/diengkol menggunakan tuas. Biasanya genset dengan starter hanya tersedia untuk daya di atas 4000 watt.
  4. Cermati bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian genset.Bensin dan solar adalah bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan pada genset dengan kapasitas daya listrik yang besar.
  5. Harga vs kualitas genset. Sediakan waktu yang cukup untuk mencari informasi mengenai merek, kualitas, dan harga genset yang ada di pasaran. Saat ini internet dapat sangat membantu kita mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Tak jarang kita bisa membeli barang secara online tanpa perlu susah payah meluangkan waktu ke toko peralatan rumah tangga. Bandingkan beberapa produk sebelum anda memutuskan memilih yang paling tepat untuk rumah anda. Memilih genset hanya karena murah tanpa mempertimbangkan kualitas sudah tentu bukan hal yang bijaksana.

Bagi sebagian orang listrik mungkin akan sangat berarti dalam kehidupan sehari-hari, hingga harus segera mencari listrik alternatif apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Hal tersebut sangat penting apalagi jika Anda manjalankan bisnis atau usaha yang memerlukan pasokan listrik setiap saat. Nah tips memilih genset yang bagus untuk rumah tangga di atas dirangkum dan ditulis untuk membantu Anda dalam memilih genset yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Akhir kata, semoga tips memilih genset ini bermanfaat bagi Anda semua.


Tags: ,

Ditulis Oleh

Kami adalah penyedia jasa service genset, service mesin diesel (service /test Bosch Pump, Nozzle, Fuel Injector), kami juga menyewakan/rental genset. Hubungi kami di 082.225.313.666

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts

Recent Posts

Kenapa Memilih Kami?

Kami adalah salah satu penyedia jasa Service Genset dan Mesin Diesel handal dengan pengalaman yang luas serta didukung mekanik/teknisi yang terlatih. Kami memberikan garansi untuk genset serta mesin diesel yang kami service. Karena kepuasan Anda adalah tujuan kami.
Copyright © Samudera Berkah Teknik | Designed by Templateism.com